Wednesday, 7 March 2012

Construktor dan Destruktor di Java, C# dan C++ || OOP

Alhamdulillah . . . Akhirnya bisa Ngepost lagi d sela2 ksibukan kuliah . . .
Pada Postingan kali ini, ane mw posting tentang Construktor dan Destruktor . . .
Ini telah menginjak Materi OOP 2 . . . postingan yg kmaren itu OOP-OOP-an kata p.Eko heri . . .Hehehehehehehe


Konstruktor adalah sebuah fungsi yang otomatis akan dipanggil setiap kali melakukan instasiasi terhadap suatu kelas dan digunakan untuk melakukan inisialisasi nilai dari data – data yang terdapat di dalam kelas yang bersangkutan.
Fungsi dari Konstruktor
Mengalokasikan sebuah objek saat program dieksekusi.
Memberikan nilai awal sebagai inisialisasi dari semua atribut yang perlu diinisialisasi.
Mengerjakan proses-proses yang diperlukan saat sebuah objek dibuat.

Pengertian Destruktor
Destruktor adalah (penghancur atau pelenyap) yang secara otomatis akan dijalankan pada saat berakhirnya objek.

Syarat dari construktor dan destruktor adalah namanya harus sama dengan nama Class nya,,khusus construktor boleh mempunyai banyak bentuk (maksudnya dlm satu Class boleh ada lebih dari satu Construktor) yang di bedakan dengan parameternya dan nanti kita akan membahasnya dalam postingan slanjutnya I.Alloh ,, di tunggu aja y?!!

Agar lebih Paham Ini contoh Programnya dlm Csharp, Java dan C++
Oia khusus di java tidak mengenal Destructor tapi ada penggantinya . . . Referensinya bisa kamu baca disini atau disini



Csharp

class Program
 {
  public static void Main(string[] args)
  {
   Konstruk kon = new Konstruk();
   
   kon.Show();
   
   Console.WriteLine();
   Console.Write("Press any key to continue . . . ");
   Console.ReadKey(true);
  }
 }
 
 class Konstruk
 {
  public int A,B;
  public Konstruk()    //  <<--- Construktor
  {
   Console.WriteLine("   ==================================");
   Console.WriteLine("   =            Constructor         =");
   Console.WriteLine("   ==================================");
   Console.WriteLine();
   Console.WriteLine();
   Console.WriteLine();
   //inisialisasi
   A = B = 10;
  }
  ~Konstruk()  //  <<--- Destruktor
  {
   Console.WriteLine("Finalizing");
  }
  public void Show()
  {
   Console.WriteLine("Nilai A = {0}",A);
   Console.WriteLine("Nilai B = {0}",B);
   Console.WriteLine();
   Console.WriteLine("Hasil Perkalian = {0}",A*B);
  }
 }
Java

public class MainClass
{
 public static void main(String[] args) 
 {
  Konstruk kon = new Konstruk();
  
  kon.Show();
 }

}
class Konstruk
{
 public int A,B;
 public Konstruk() // <<--- Constructor
 {
  System.out.println("   ==================================");
  System.out.println("   =            Constructor         =");
  System.out.println("   ==================================");
  System.out.println();
  System.out.println();
  System.out.println();
  A = B = 10;
 }
 protected void finalize()  //  <<--- semacam Destructor
 {
  System.out.println("Finalizing . . .");
 }
 
 public void Show()
 {
  System.out.println("Nilai A = "+A);
  System.out.println("Nilai B = "+B);
  System.out.println();
  System.out.println("Hasil Perkalian = "+A*B);
 }
}  



C++


#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

class Konstruk
{
 public : int A,B;
 public : Konstruk()  //<<---construktor
 {
  cout<<"   =================================="<<endl;
  cout<<"   =            Constructor         ="<<endl;
  cout<<"   =================================="<<endl;
  cout<<endl;
  cout<<endl;
  cout<<endl;
  A = B = 10;
 }
 ~Konstruk()   //<----destructor
 {
        cout<<"Finalizing . . . ."<<endl;
    }
 public : void Show()
 {
  cout<<"Nilai A = "<<A<<endl;
  cout<<"Nilai B = "<<B<<endl;
  cout<<endl;
  cout<<"Hasil Perkalian = "<<A*B;
 }
};
int main(int argc, char *argv[])
{
    Konstruk kon;
  
 kon.Show();
    
    cout<<endl;
    cout<<endl;
    system("PAUSE");
    return EXIT_SUCCESS;
}
  

1 comment: