Sunday 28 July 2013

Tutorial Oracle : Belajar Oracle untuk pemula part 2 (Insert - Update - Delete)

Tutorial Oracle - insert update - delete
Postingan ke 3 dihari ini… setelah sebelumya ane bahas tentang DDL lebih tepatnya membuat tabel di Oracle, pada postingan ini ane mau jelasin tentang DML (data manipulation language) lebih gampangnya tentang insert update delete di oracle… postingan ini berhubungan dengan postingan-postingan sebelumnya, so kalo ente belum baca postingan-postingsn sebelumnya monggo dibaca dulu disini :D . pada postingan sebelumnya ane udah kasi contoh bagaimana membuat tabel di oracle, kalo gak salah ada 3 tabel ya ?? ada tabel mahasiswa, ada tabel matkul, dan ada tabel ambil_matkul … kemudian ane juga ngasi contoh bagaimana membuat foreign key nya atau menghubungkan 3 tabel tersebut, sekarang ane kasi contoh insert nya ya ? tapi hanya pada satu tabel saja… yaitu insert data pada tabel mahasiswa… untuk insert pada tabel lainnya ane saranin ente untuk bereksperiment sendiri … sama kok caranya… :D

Berikut contoh query insert data di Oracle
insert into mahasiswa (nim,nama) values ('99','Pelsri Ramadar Saputra');
insert into mahasiswa values ('523','Asharul Fahrizi','Songgon',to_date('1990-04-21','YYYY-MM-DD'));
  
Untuk Updatenya, Berikut contoh query update data di Oracle
update mahasiswa set nama = 'Muhammad Faradis' where nim = 102;  
Berikut contoh query delete data di Oracle.
delete from mahasiswa where nim = '107' 
Coba perhatikan query2 diatas, query insert, query update dan query delete di Oracle….. ternyata tidak berbeda dengan insert update delete nya Mysql… :D karena memang kan ada SQL sebagai standart nya … mudah kan ya ?? Oke dah, untuk postingan DML / insert update delete di Oracle sampai disini aja… postingan selanjutnya ane bahas tentang DCL / lebih dikenal dengan transaksi / laporan di Oracle… nanti disitu ane bakal bahas tentang penggabungan tabel dengan WHERE dan JOIN di Oracle… so kunjungi ya ?? hehee… semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua :)

No comments:

Post a Comment