Sunday 28 July 2013

Tutorial Oracle : Instal Oracle XE dan Setting PORT (Introduction)

Instal oracle XE setting port
Selamat pagi/siang/sore/malam bagi pengunjung blog ini yang lagi kesasar di blog ini mungkin, :D … udah lama ane gak update blog ini, sekitar 2 bulanan… itu karena lagi sibuk banget kemarin2, gara2 UAS dan bikin laporan tugas proyek. Banyak tugas yang harus diselesaikan dan deadlinenya adalah minggu UAS kemarin. Alhamdulillah tidak satupun ada matakuliah ane yang kurang / belum selesai tugasnya. Semua selesai dengan baik, sekarang tinggal nunggu aja nilai-nilainya keluar, minggu depan itu adalah minggu perbaikan bagi mahasiswa yang mau ngulang kalo ada nilai mata kuliah – mata kuliah yang jelek dan minggu susulan bagi mahasiswa yang tidak mengikuti ujian :D … yang paling berat menurut ane dari tugas2 kemarin yang adalah membuat modul untuk mata kuliah citra dan membuat laporan tugas proyek. Sampai sekarang ane juga tidak sependapat dengan dosen yang ngajar mata kuliah ini walaupun beliau telah memberikan alasan kenapa kok ada tugas membuat modul. Katanya si buat nyumbang perpustakaan kampus. Padahal frekuensi mahasiswa tempat ane kuliah tidak sampai 40% mau baca dari buku di perpus, sempet si ane tawar “pak kalo di tulis di blog aja gmn ? kan kalo buat modul trus di tarok di perpus yang bisa baca Cuma mahasiswa local doank, kalo di blog kan bisa dibaca siapapun, kapanpun dan dimana pun, dari segi pembahasan juga lebih enak di blog karena kita bisa nulis pake bahasa sehari-hari yang mudah di mengerti, selain itu juga ngirit pak, gak pake ngeprint… ya maklumlah kantong2 mahasiswa… hehehee… “ ane bilang gitu ke dosen mata kuliah citra itu, tapi jawabannya gak sesuai harapan “ya bolee si nulis di blog, tapi modulnya nulis juga ya ?” … “kerja 2 kali pak ?”… “ iya gak apa-apa, pahala nya kan tambah banyak ?? “ (T_T) “okaayyyy”…
Ni dosen ngasi ilmu apa nyiksa ya ?? itu malah membuang-buang waktu saja menurut ane… masi banyak yang harus di pelajari… ane gak bisa protes lagi deh… iya ws nurut aja … “YANG WARAS YANG NGALAH” …. Wkwkwkwkwkwk … untuk pembuatan modul ini berhasil ane kerjain 4 hari… trus di print, untung aja bagian ngeprint temen ane, ane Cuma bagian ngerjain… hehehee… banyak gambarnya dan berwarna lagi… wkwkwkwkk… besok2 ane share dah disini modulnya… :D untuk laporan tugas proyek ini sebenarnya tidak sulit si Cuma belum biasa dalam teknik penulisan nya… halaman ganjil marginnya berbeda dengan margin halaman genap, ini karena disesuaikan dengan pencetakan buku… Alhamdulillah bisa dikerjakan… waktu pas ngumpulin ternyata ada revisi (T_T)  untungnya revisinya bab 4… ane kira bab 4 kode programnya di copy paste semua… ternyata tidak… Cuma diambil yang penting2 kemudian diterangkan… gitu aja… revisi Cuma di kerjakan setengah harilah… maklum Cuma bab 4, kalo revisi bab 1 bisa 2 harian… hehehehee….

Ceritanya udah dulu deh, sekarang bahas postingannya… postingan kali ini tentang oracle, baru belajar juga si ane untuk oracle ini… bukan karena tuntutan akademik tapi Karena memang ane pengen kenal, kan kalo gak kenal maka gak sayang…  sebenarnya kalo ente udah sering main di Mysql, udah lancar main Mysql… untuk sintax nya gak beda jauh… kan udah udah ada standar SQL… jadi gak jauh2 beda sama MySQL untuk Oracle ini… Cuma memang ada perbedaan dalam beberapa fiturnya… perbedaannya dimana ?? ya… nanti juga ane bahas apakah dipostingan ini atau dipostingan selanjutnya…. Untuk yang sekarang, ane mau jelasin bagaimana cara instal oracle XE dan konfigurasi portnya…. Ane juga pake Mysql… jadi biar gak bentrok antara oracle dan Mysql nya harus konfigurasi port Oracle nya… :D

Untuk saat ini versi Oracle XE udah sampai versi 11g, tapi ane pake yang 10…. kenapa ? katanya si yang 11g masi tidak setabil J mangaknya ane pake yang 10g. sama aja kok cuman beda versi doank … sebelum menginstal ente pasti perlu software oracle nya kan ?? ente bisa download disitus resminya.. disini … untuk oracle XE ini adalah oracle versi gratisan yang ditujukan untuk pembelajaran… tetapi juga ada limitasinya ente bisa baca pada di situs resminya… untuk spek requimentnya juga tidak terlalu gede.. untuk memery 1 GB juga udah cukup J … selengkapnya ente bisa baca di situs resminya deh.. hehee…
Oke, kalau udah ente download sekarang ente  instal programnya…

Instal oracle XE
Instal Oracle Express Edition

Instal oracle Express Edition
Instal Oracle Express Edition

Click Next....

Instal oracle Express Edition 10g
Instal Oracle Express Edition

Pilih "I accept..."

Instal oracle Express Edition 11g
Instal Oracle Express Edition

Tentukan Lokasi Instalasi dan klik next.....

Setting password oracle XE
Instal Oracle Express Edition

Isikan Password untuk user tertinggi (System) kalo di Mysql itu "root"

Setting password oracle XE g10
Instal Oracle Express Edition

Click Instal dan tunggu sampai proses penginstalan selesai.....

launch Home page Oracle XE
Instal Oracle Express Edition

Centang "Launch the database home page" dan click finish

Instalasi Oracle g10
Instal Oracle Express Edition

ente bakal di bukakan window ini gan... ente bisa login pake username "system" dan passwordnya seperti yang ente isi saat instalasi tadi :D ... 


kalo udah berhasil menginstal oracle nya… default port oracle nya adalah 8080, sekarang kita coba untuk memindahkannya ke port 8181… untuk port tujuannya sebenarnya ente bisa pake yang lain gak harus port 8181 ….
Pertama masuk ke Sql Command Line

SQL Command Line Oracle
Setting Port Oracle Express Edition

SQL Command Line Oracle
Setting Port Oracle Express Edition

Kemudian login sebagai system dengan kode berikut

connect system
kalo kode diatas udah ente ketikin trus ente enter, ente bakal diminta masukin password... isikan passwordnya... ingat, biasanya password nya memang tidak ditampilkan jadi langsung ketik aja trus enter... kalo ada tulisan "connected" berarti berhasil login, kalau udah login sekarang ketikan kode berikut : 

begin 
dbms_xdb.sethttpport('8181'); 
end; 
/
trus tekan enter .....

Setting port Oracle XE
Setting Port Oracle Express Edition

Yupzz... sekarang coba ente masuk ke http://localhost:8080/apex

Setting port Oracle XE page not found
Setting Port Oracle Express Edition

Halamannya bakal kosong, kalo masuk ke http://localhost:8181/apex

Setting port Oracle XE page success
Setting Port Oracle Express Edition

Home page nya Oraclenya bakal ada karena udah di pindah kan tadi ke port 8181 :D ...

Hemmb… selesai dah instalasi oracle XE dan konfigurasi port oracle nya… postingan kali ini tentang instalasi oracle dulu aja ya ? untuk pembuatan table, transaksi dan lain-lainya  di oracle akan ane bahas pada postingan selanjutnya… Oke, keep cooding :).

No comments:

Post a Comment