Tuesday 25 December 2012

Array PHP (belajar pemrograman web dasar untuk pemula)


Alhamdulillah masi bs ngeksis diblog terceinta ini, dipostingan yang sebelumnya ane udah bahas tentang function PHP.. kali ini ane akan ngebahas tentang Array PHP.. ane pernah bilang di postingan2 sebelumnya Array PHP itu unik tidak seperti Array di pemrograman lain... mangkanya ane perlu bahas Array PHP ini dalam satu Postingan... seperti yang ente tau.. eh ente udah tau gak ya?? Hehehehehe... kalo belum tau sebaiknya ente baca dulu pembahasan ane tentang array di C#, Java, C++... array itu kan seperti Laci Ganda... kalo digambarkan gambarnya seperti ini...

kalo dalam variabel kan kita Cuma bisa menyimpan 1 nilai... kalo array kita bisa menyimpan beberapa nilai dalam 1 variabel array... Apa yang membuat Array di PHP itu berbeda?? Apa yang bikin unik?? Array itu kan mempunyai index yang untuk menyimpan nilai... misal kita punya variabel Array Binatang, kita bisa isikan pada array itu, pada index ke 0 (binatang[0]) kita isi dengan gajah.. pada index ke 1(binatang[1]) kita isi dengan Harimau... dst... kalo pada pemrograman lainya untuk menandai index kita harus menggunakan nomor tapi di PHP kita bisa menandainya dengan karakter... bahasa gampangnya kita bisa kasi nama pada index array itu.... tapi apa bisa tetep memakai nomor ?? ya bisa2 saja :D kenapa tidak ?? slain itu juga Array di PHP ada keunikan yang lain... nanti ane bahas apa keunikan yang lain itu... sekarang coba ente jalankan Kode berikut....
<?php
 $buah = array();
 $buah[0] = "jeruk";
 $buah[1] = "apel";
 $buah[2] = "mangga";
 
 print_r($buah);
?>  
Pada contoh kode diatas.. array masi memakai index nomor... untuk menampilkan array di PHP langsung aja kita pake Object “print_r”... kalo di tampilkan pake looping yang lain seperti For, While apa bisa ??? ya bisa2 saja... tapi gak ane bahas disini... hehehehehe... Lalu bagaimana dengan array yang katanya bisa indexnya bisa dikasi nama ?? ini contoh kodenya... simpan dan jalankan di browser ente...
<?php
 $buah = array();
 $buah["kuning"] = "jeruk";
 $buah["merah"] = "apel";
 $buah["hijau"] = "mangga";
 
 print_r($buah);
?>  

ente bisa lihat di kode programnya... indexnya gak pake nomer... tapi pake nama... “kuning”,”merah”,”hijau”... jadi indexnya pake nama :D ... ketika dijalankan di browser... indexnya juga dengan nama to ?? hehehehehe itu uniknya array di PHP... untuk penulisan array gak harus deklarasi array baru kita isi nilai2 arraynya tapi juga bisa seperti ini... biar agak keren gitu lah kodenya... hehehehehehe
<?php
 $buah = array(
  "kuning" => "jeruk",
  "merah" => "apel",
  "hijau" =>"mangga"
 ); 
 
 print_r($buah);
?>  
Keunikan Array PHP lainnya adalah dalam 1 index PHP bisa menyimpan Array Lagi... dan indexnya pun bisa di kasi nama... coba kode program ini....
<?php
 $hewan = array();  
 
 $hewan['darat'] = array('harimau','gajah', 'monyet');
 $hewan['laut'] = array('hiu','paus','lumba - lumba');
 $hewan['udara'] = array('elang','gagak');
 
 print_r($hewan);
?>  
Pada array hewan.. index darat.. ane nyimpen 3 hewan, 3 hewan itu ane simpan pada index yang berbeda juga... coba nanti ente analisis sendiri yak ?? hehehehe... gampang kok... ini ane ada contoh lain lagi... di dalam array kan bisa ada array... di dalamnya array itu ane kasi array lagi... (yo dawg) wkwkwkwkwk... ini kode programnya....
<?php
 $hewan = array();  
 
 $hewan['darat'] = array('harimau',array('mamalia' => 'gajah','monyet'));
 $hewan['laut'] = array('hiu', array('mamalia' => 'paus'),'lumba - lumba');
 $hewan['udara'] = array( array('pemakan daging' => 'elang','gagak'), array('pemakan biji' => 'pipit'));
 
 print_r($hewan);
?>
  
jadi didalam array hewan darat ada beberapa index... disalah satu indexnya ane kasi array lagi yang salah satu indexnya namanya mamalia :D ...
Begitulah cerita tentang Array PHP yang berbeda dengan Array pemrograman lainnya... manfaatnya apa ?? banyak si manfaatnya... tapi paling terasa nanti ketika kita bermain2 dengan framework PHP.. sepert codeigniter, obullo, becak dll....
untuk postingan kali ini cukup sampai disini dulu ya gan... pada postingan selanjutnya ane bahas tentang Class PHP... happy cooding

5 comments: