Thursday 20 December 2012

Belajar Pemrograman Web


Pagi ini langit agak sedikit mendung... sama seperti keadaan hati ane sekarang gan,, kali ini bukan karena tapi karena beberapa gelintir orang yang bener2 ngebuat ane kecewa berat.. sampek ane males mau ngapa2in... ternyata apa yang dikatakan mantan ane kmarin bener gan... didunia ini tidak ada yang tulus, tidak ada yang gratiss, walaupun ada yang gratis pasti dibelakangnya ada motiv tertentu... dulu ane gak percaya sama pendapat mantan ane tapi karena sekarang bener2 terjadi dalam hidup ane dengan terpaksa ane harus percaya dengan pendapat itu... jujur gan, dulu ane slalu berfikir agar orang2 yang disekitar ane gak susah kayak ane dalam belajar pemrograman, termasuk temen2 ane... ane slalu ngebantu mereka... ngerjain tugas2 mereka... ane pengen ngebantu mereka tapi mereka malah berfikiran lain, mereka manfaatin ane, mereka gunain kebaikan ane untuk kepentingan mereka sendiri... ane gak pernah sadar tentang hal ini sampai akhirnya ane melihat sendiri sekarang ke licikan mereka...apalagi diantara mereka ada yang kolo butuh... saaat mereka butuh ane harus bantu mereka, setelah kebutuhan mereka selesai dengan baik ane di tinggal, bahkan ane ngomong kagak di dengerin, sp coba yang gak sakit ?? semua orang juga akan merasa sakit hatinya kalo di gituin... apa ini balasan mereka sm ane yang slama ini ngebantu mereka ??



diantara mereka ada yang sampek ngusir ane... kalo inget kejadian itu rasanya pengen nonjok mukanya... sampek ada yang ngomong2 jorok ke ane... tragis banget yang ane alamin gan... belum lagi ada yang dapet project bareng, TIM berjumlah 4 orang, yang kerja cuma 2 orang... sebenarnya udah dibagi tu modul2nya... tapi karena ane ngeliat tmn ane itu gak ngerjain, jadi ane kerjain... ane kuatir kalo project ini gak selesai... giliran pembagian financial dan semacamnya minta bagian tetep... kadang juga berlagak dia yang ngerjain projectnya... teman macam apa ini ??? tapi dari sini ane bisa ngambil pelajaran... seperti kata para orang tua setiap kejadian pasti mengandung hikmah walopun itu sakit awalnya... ane gak bisa bertindak apa2 sekarang... ane serahin aja semua kepada Alloh, biar Alloh aja yang menyelesaikan semua masalah ini....

maaf ya gan, karena rasa gak enak hati ini jadi kepanjangan curhatnya :D... jadi gak sincron sama judul postingnya...

Buat agan2 yang mau belajar pemrograman web, sebelum agan belajar harusnya ente paham betul tentang dasar2 pemrograman...seperti Flow Control, Looping, Array, Method/Function... kalo ente kagak paham sama dasar pemrograman rasanya berat gan kalo belum paham, ente bisa pelajari di blog ini tentang dasar pemrograman, gunakanlah bahasa yang gampang seperti C# untuk belajar dasar pemrograman....

Kalo agan udah paham tentang dasar-dasar pemrograman, selanjutnya ente harus belajar dulu desain web, maksud ane belajar HTML, CSS dan JAVA SCRIPT... soalnya pemrograman web itu tidak seperti pemrograman dekstop, kalo pemrograman dekstop itu kan form dan cooding pemrogramannya sudah dikemas dalam satu bahasa pemrograman... kalo pemrograman web berbeda, form sama pemrogramannya berbeda.. kalo formnya pasti pake HTML, CSS dan JAVA SCRIPT (jika perlu) sedangkan bahas pemrograman web itu menggunakan PHP,, jadi menggunakan platform/engine yang berbeda... jadi paling enggak ente harus mengerti tentang desain web... gak harus mahir tapi kudu mengerti :D ... perbedaan penulisan pemrograman web, cooding nya diselipkan pada kode HTML nya... agak rumit si... tapi kalo udah terbiasa ya gak rumit2 amat.. mangkanya ente belajar dulu desain web.. diblog ini ane gak bahas tentang desain web... ente bisa pelajari di blog2 yang lain atau di http://www.w3schools.com/...

gunakan dreameweaver atau notepad++ untuk text editornya agar lebih cepet ente mendesainnya... tapi kalo ente bener2 niat belajar harusnya ente pake notepad murni... jadi ente tidak dibantu dengan text editor untuk kemudahan menulis kode2 HTML / CSS... dengan begitu ente bisa paham dan hapal dengan kodenya... dulu ane juga gitu waktu pertama-tama belajar HTML-CSS, bahasa pemrograman C# dan yang lain.. jarang banget copy paste... lama si tapi itu berguna dikemudian hari... ingat !! tidak ada sesuatu yang instan, bahkan mie instan saja harus dimasak duku kalo mau di makan... kata Imam Ali karramallou wajahah, diantara 6 syarat orang menuntut ilmu itu adalah waktu yang panjang... jadi sabar aja... berakit2 kehulu bersenang2 kemudian...  :D

kalo udah paham dengan desain web yang perlu ente siapin sekarang adalah engine PHP nya.. apache service dan engine database nya.. semua itu udah dikemas dalam satu Installer... XAMPP namanya.... ente bisa download langsung dari websitenya...

setelah itu ente Instal di lapy atau di kompi ente...
kalo udah ente Instal... sekarang saatnya kita berperang melawan PHP :D... kita taklukan PHP...
tapi tutorial pemrogramannya gak ane posting sekarang karena ini cuma pengenalan aje :D....
di tunggu aja di postingan selanjutnya ya gan...

keep cooding

2 comments:

  1. Nggak usah takut gan, ane jga sama, tapi nggak se parah nte,. ane yakin semua yang qt lakuin pasti ada timbal baliknya,. mau negatif ataupun positif, terus juga nggak usah berharap sama manusia, nggak bisa kasih apa" manusia mah.. nte pnya habit yg bagus, pertahananin gan,. Thank's buat postingannya gan,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan... :D seneng bs bantu ente.. smoga kjadian kyk diatas gak keulang lagi besok2.. tapi bisa diambil hikmahnya gan.. (y)

      Delete