Monday 24 December 2012

Class PHP (Belajar pemrograman web dasar untuk pemula)

seperti kata ane sebelumnya... kali ini ane mau nulis contoh Class PHP... penulisan Class di PHP tidak berbeda dengan Class pemrograman yang lain... untuk memanggilnya /  menjadikannya object instans juga tidak jauh berbeda.... juga sama didalam peletakkan Classnya... mau ditulis dalam satu file dengan program inti (Main) atau berbeda file juga tidak masalah... rasanya untuk Class ini tidak perlu panjang lebar ane jelaskan... class itu bs juga dikatakan kumpulan dari beberapa function... lebih jelasnya ente bisa baca penjelasan ane tentang Class atau function disini....



di Postingan ini classnya ane pisahin di file yang berbeda... ane kasi nama class.php ... kalo ente mau ente bs ganti nama filenya...
<?php
 class Matematika{
 
  public function Penjumlahan($bilangan1,$bilangan2){
   return ($bilangan1+$bilangan2);
  }
  
  public function Pengurangan($bilangan1,$bilangan2){
   return ($bilangan1-$bilangan2);
  }
  
  public function Perkalian($bilangan1,$bilangan2){
   return ($bilangan1*$bilangan2);
  }
  
  public function Pembagian($bilangan1,$bilangan2){
   return ($bilangan1/$bilangan2);
  }
 }
?>  
trus tempatnya menjadikan object instannya ane pake file index.php ... begini kodenya...
<?php
 include "Class.php";
 
 //object instans class matematika
 $contoh_class = new Matematika();
 
 $bilangan1 = 100;
 $bilangan2 = 50;
 
 echo "Hasil Penjumlahan dari ".$bilangan1." dan ".$bilangan2." adalah ".$contoh_class->Penjumlahan($bilangan1,$bilangan2).'< br />';
 echo "Hasil Pengurangan dari ".$bilangan1." dan ".$bilangan2." adalah ".$contoh_class->Pengurangan($bilangan1,$bilangan2).'< br />';
 echo "Hasil Perkalian dari ".$bilangan1." dan ".$bilangan2." adalah ".$contoh_class->Perkalian($bilangan1,$bilangan2).'< br />';
 echo "Hasil Pembagian dari ".$bilangan1." dan ".$bilangan2." adalah ".$contoh_class->Pembagian($bilangan1,$bilangan2).'< br />';
?>  
dari kode di atas ane panggil file tempate class Matematika berada dengan kode include "Class.php"... ente bisa sesuaikan dengan file yang ente buat... terus ane panggil Classnya dan ane jadikan object instan yaitu "$contoh_class".... habis itu ane pakai semua function2 yang ada di class matematika... karena function2nya mengembalikan nilai yan langsung ane echo aja :D ... simple kan untuk class PHP ini ? dan tidak ada yang istimewa dengan class PHP...
sekian dulu ya gan postingan kali ini... semoga ente paham dan semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.... i.Alloh pada postingan2 selanjutnya ane mau bahas tentang Object Oriented Programming (OOP) PHP.. tapi gak tau selanjutnya itu yang keberapa wkwkwkwkw .... happy cooding...

No comments:

Post a Comment