Tuesday 29 January 2013

Inheritance Dan Encapsulation di PHP || OOP PHP

Inheritance dan Encapsulation adalah salah satu fitur Object Oriented Programming (OOP), PHP adalah bahasa pemrograman yang mendukung OOP, pastinya di PHP ada fitur Inheritance dan Encapsulation. Kali ini ane Posting tentang contoh inheritance dan encaptulation di PHP, sekilas tentang inheritance dan encapsulation, inheritance adalah penurunan sifat dari sebuah Class ke pada Class yang lain, dan Encaptulation adalah pengkapsulan suatu variabel yang bersifat private yang diakses dengan suatu method yang bersifat public, untuk selengkapnya tentang inheritance dan encapsulation pada OOP monggo ente baca dipostingan ane sebelumnya tentang contoh inheritance dan encapsulation yang ane bahas pake Java, C# dan C++ ...
Pada postingan kali ini ane gabungin antara inheritance dan encapsulation karena kalo ane posting satu - satu mungkin postingannya akan terlalu pendek... mangkanya ane gabungin aja... hehee udah digabungin masih aja pendek... ya kan cuma Contoh Inheritance dan Encapsulation di PHP doank... Ok deh.. biar gak panjang lebar ini langsung ane kasi contoh program inheritance dan encapsulation di PHP...
<?php
 class Rasa {
  private $rasa; 
  
  public function setRasa($value){
   $this->rasa = $value;
  }
  
  public function getRasa(){
   return $this->rasa;
  }
 }
 
 class Jeruk extends Rasa {
 
  public function Cetak(){
   echo "Rasa jeruk itu ".$this->getRasa();
  }
 }
?> 
Pendek bukan contoh kode program inheritance dan encapsulation di PHP ?? hehehe .... ya emg gitu... kan cuma contoh... wkwkwkwk .. untuk contoh pemanggilannya pake kode dibawah ini...
<?php
 include 'inheritance.php';
 $object = new Jeruk();
 
 $object->setRasa("manis");
 $object->Cetak();
?>  
untuk keterangan dari program diatas.. ane nulis Class Rasa dan Class jeruk itu ane tulis di file inheritance.php ... dan pada main program ane include'in  file inheritance.php kedalam file main program.. biar Class nya bisa dipanggil dan dijadikan Object Instance... simple bukan ?? postingan kali ini sampek disini dulu ya besok2 i.Alloh ane mau posting lagi masi seputar Object Oriented Programming (OOP) di PHP... keep smile and keep cooding :D

No comments:

Post a Comment