Saturday 13 April 2013

Contoh Aplikasi Blog Sederhana PHP

contoh aplikasi web - blog php
Setelah memberikan beberapa contoh aplikasi C#, Java dan PHP dan juga tutorial2 nya, kali ini giliran PHP yang kembali ane kasi Contoh Aplikasi nya, kali ini adalah Contoh Aplikasi blog sederhana dengan PHP, Aplikasi yang sangat2 sederhana, tetapi hampir sedikit seperti Blogspot dan wordpress. Intinya ada postingan, kategori, pagination.. kan seperti itu to blog ? :D.. Contoh Aplikasi ini tidak menggunakan Framework PHP tetapi menggunakan PHP murni... bagi anda yang baru belajar PHP lebih baik anda pelajari dulu postingan - postingan saya sebelumnya yang membahas PHP dasar dan PHP OOP untuk membantu anda memahami Aplikasi Blog dengan PHP ini...
bagi anda yang sudah mempelajari PHP, dalam aplikasi ini saya tidak menggunakan OOP, jadi masi banyak kode program yang ditulis berulang kali, sebenar nya tidak efisien tapi postingan kali ini sebenarnya saya tulis buat temen saya yang sedang mempelajari Web programming fundamental, yang tugas besar nya adalah membuat aplikasi blog sederhana yang tentunya menggunakan PHP, tidak dituntut menggunakan OOP apalagi Framework tetapi hanya sekedar paham dengan cara membuat aplikasi PHP. :D
Oia, nama nya aplikasi blog tentunya tidak hanya aplikasi depan saja / aplikasi yang dikunjungi oleh pengguna internet, tetapi harusnya disertakan CMS (Content Management System) nya juga.. hemm tapi kali ini ane kasi dulu contoh aplikasi index nya dulu saja ya ? :D untuk aplikasi web admin / CMS nya Insya Alloh pada postingan - postingan selanjutnya.. di tunggu saja ya gan.. gak lama kok, mungkin 2 tahun... wkwkwkwkw...
Tentang fitur dari aplikasi ini adalah seperti yang ane jelaskan tadi yaitu :
  • List posting menurut waktu upload
  • List posting menurut kategori
  • List posting menurut pencarian
  • Full posting page
  • Pagination
Sebenarnya pengen melengkapi dengan beberapa fitur, seperti ajax.. tapi mungkin akan ane bahas pada postingan - postingan selanjutnya.. dan ane akan jelasin kekurangan dan kelebihan dari ajax.. tidak semua aplikasi web baik untuk dilengkapi dengan ajax... tapi ada sebagian yang harus tidak menggunakan ajax... :D
Oke gan, untuk template yang ane gunakan ini ane download dari templatemo.com , disana template nya bagus - bagus walaupun tampilannya sederhana.. bisa ente cek nanti lah...
Oke dah gan, untuk yang mau download aplikasi blog sederhana dengan PHP ente bisa download Disini dan bagi ente yang pengen tau screen shoot aplikasi nya, seperti ini

contoh aplikasi web blog php

Download file nya Disini gan (minta share nya ya gan) :D ... semoga bermanfaat, jangan lupa di like kalo gak sempet comment :)

2 comments:

  1. username ama pasword admin nya gan?

    ReplyDelete
  2. di upload ke hostingan ada yg ga muncul seperti nama user lengkap hello , nama user lengkap ga ada

    ReplyDelete