Monday 5 August 2013

Tutorial SQL SERVER : Membuat Database dan Tabel di SQL SERVER

Tutorial SQL SERVER : membuat database dan tabel di SQL SERVER
Siang ini ane pengen update blog walaupun dengan mata yang ngantuk... postingan sebelumnya ane banyak membahas tentang oracle dan koneksinya ke beberapa bahasa pemrograman diantaranya adalah koneksi Oracle dengan PHP, Oracle dengan Java dan Oracle dengan C#... setelah Oracle sekarang giliran SQL SERVER yang ane bahas di blog ini :) sekalian mengulang pembelajaran otodidak kemarin, beberapa hari ini memang ane lagi banyak belajar tentang database, rencana si untuk judul skripsi ane besok... hehehee.. SQL server adalah jenis engine database relasional yang disebut juga RDBMS... sama dengan Mysql.. SQL SERVER ini adalah produk dari Microsoft yang saat ini termasuk banyak digunakan... katanya si kalo SQL SERVER ini cocok buat data yang besar, dan untuk kalangan perusaan menengah ke atas.. itu katanya blog sebelah, kalo nyatanya ane si juga belum pernah kerja di perusahaan kecil atau besar, kalo pengen tau kelemahan dan kekurangannnya silahkan ente googling sendiri deh :D
SQL Server untuk versinya ada beberapa versi, maksudnya yang versi berbayar dan versi gratis... tentunya kalo yang berbayar performanya akan jauh lebih baik dari versi yang gratis... :) ya makumlah kalo lebih bagus karena kan ada lisensinya.. heheheee... untuk instalasinya juga gak ane bahas diblog ini, ente bisa cari di blog lain atau googling2 dulu... kalo ane si pake visual studio 2008 dan secara otomatis SQL Server juga akan terinstal di Laptop ane tapi versinya si agak lama... yaitu versi 2005... gak papa kok sama saja untuk basicnya :D ...
Oke, sesuai judul postingannya kali ini ane kasi contoh bikin database di SQL Server, sebenarnya gak beda kok sama bikin tabel atau database di MySQL... begini contoh Query membuat database dan tabel di SQL Server
create database kampus;

use kampus;

create table mahasiswa(
nim char(10),
nama varchar(100),
alamat text,
primary key(nim)
);

create table matkul(
kode_mk char(5),
nama_mk varchar(30),
sks int,
primary key(kode_mk)
);

create table ambil_mk(
nim char(10),
kode_mk char(5),
primary key(nim,kode_mk),
foreign key(nim) references mahasiswa(nim),
foreign key(kode_mk) references matkul(kode_mk)
);  
Contoh diatas adalah ane membuat database kampus, query "use kampus" digunakan untuk menggunakan database yang baru saja kita buat, kemudian pada database ini kita buat tiga tabel yang saling berhubungan, jadi disitu ane kasi juga bagaimana cara merelasikan tabel-tabel yang kita buat nanti menggunakan foreign key :) paham ya dari contoh query diatas ... hehee... kalo gak paham di comment aja atau hubungi ane lewat facebook...  Oke dah sekian dulu postingan yang singkat ini tentang membuat database dan tabel di SQL SERVER... semoga bermanfaat :)


2 comments:

  1. Blogwalking ^^ saling share ilmu ya.. Ada link bagus ttg yang baru di SQL 2014 nih --> http://blog.jaringanhosting.com/index.php/sql-2014-hosting-jaringanhosting-com-apa-saja-yang-baru-di-sql-server-2014/

    ReplyDelete
  2. makasih banyak buat tutornya tadi sangat membantu,..
    semoga bermanfaat buat yang lain juga,..amin

    ReplyDelete