Rabu, 29 Mei 2013

Contoh Aplikasi C# : SMS Gateway (Sender) dengan C# (C sharp)

Contoh aplikasi sms gateway C#
Yupzzz... Sore yang agak sedikit dingin dan gerimis ini bikin mata jadi ngantuk, pengen tidur pake selimut tebal... tapi kalo diturutin itu cuma akan membuanng-buang waktu saja, ane pikir lebih baik ane lanjutin update-tan blog ksayangan ini... :D .. kalo dulu tiap kali hujan biasa nya ane bikin mie  rebus dan teh hangat sambil nongkrong di depan tipi atau laptop liat film action... kalo sekarang mah lebih baik ngoding aja demi masa depan yang lebih baik dan membahagiakan keluarga ini :D ... 
Oke Postingan kali ini ane mau nulis tentang contoh aplikasi SMS Gateway dengan C#, ada yang belum tau tentang sms gateway ?? kalo belum tau silah kan ketikan di google "SMS Gateway adalah" wkwkwkwkwk... ya.. secara singkat nya sms gateway adalah layanan SMS yang biasa nya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang dimanfaatkan sebagai sarana informasi, biasanya kan ada ya kadang kita di sms sama nomer gak dikenal alias nyasar yang isi nya tentang promosi - promosi gitu... terus ada lagi yang biasanya undian dengan sms yang format undian sms nya pake "REG(spasi)DAFTAR" ... laa itu pake sms gateway... trus kalo sekarang yang lagi ngetren buat sekolah2 itu dibuat layanan sms info sekolah... ya itu juga pake sms gateway... ya pokok nya yang kayak gitu2lah sms gateway itu.... hehehehe
Sedikit cerita bagaimana ane bisa membuat software sms ini, awalnya software ini belum pernah ane pelajari bagaimana cara pembuatannya, disekolah adek yang masi SD ane ada seorang guru alumni dari kampus ane, tapi ane gak tau dia angkatan ke berapa dan lulus kapan, katanya si lulus kemarin2 ini... dia gak ngajar si disekolah adek ane cuma jadi guru cadangan saja, laa disamping jadi guru cadangan ternyata dia mempromosikan layanan sms info / sms sender untuk sarana pengumuman sekolah... pada bulan pertama si di gratiskan, tapi untuk bulan ke dua dan seterus nya sekolah ditarik biaya untuk sms info itu sekitar 2,5 juta... itu perbulan looo bukan sekali bayar... ya untuk sekolah setara SD seperti itu menurut ane terlalu mahal kalo untuk setiap bulannya harus bayar 2,5 jt untuk layanan sms info saja... apalagi kalo nomer nya masi nomer2 yang di jual di counter2 pulsa yang 5rb udah dapet... kalo nomer sms info nya 4 digit si seimbang kalo bayar nya segitu.. :D
sebenar nya ane sendiri si agak bingung ya sama kakak alumni ane ini, ternyata software sms nya itu bukan buatan dia sendiri, melainkan dia juga ikut perusahan yaitu perusahaan *tiiiiit (tidak boleh disebut :D ) ... kenapa dia gak bikin sendiri saja software kayak gitu, laa wong cuma layanan sms doank kok, alias sms sender, jadi cuma bisa mengirim.. selain itu untuk biaya nya kalo software nya bikin sendiri kan cukup beli pulsa saja, kalo mau narik biaya menurut ane 500 - 700rb perbulan udah cukup dari pada 2,5 jt... ya bayangkan saja kalo kita pake kartu XL kemudian kita paket kan 1000 SMS dengan biaya 2000 rupiah perhari, sedangkan muridnya di SD adek ane cuma 450an... bukannya dengan 2000 rupiah saja bisa sms dua kali sehari ke semua wali murid ?? selain itu gak setiap hari juga kan ada sms ?? :D kalo misal hitung2an kotor ya gan setiap hari nya kita beli pulsa 2000 rb di kali 30 hari (sebulan) bukannya cuma 60.000 rb rupiah setiap bulannya ?? hehehee... kalo kita minta 500 rb lah katakan perbulan ke sekolah bukannya untung kita sudah lebih dari 100% ?? ya kan ??
laa dari situ terjadi pro dan kontra di antar wali murid di sekolah adek ane... ada yang menyanggupi dengan iuran 5000 per-siswa untuk membiayai sms info nya ada juga yang tidak mau... termasuk ibu ane yang gak mau... kenapa gak mau ?? bukannya pelit si tapi kalo dilihat dari pembiayaan selama ini untuk biaya bimbel tiap kelas yang harga nya 15000 masi banyak yang nunggak dan gak bayar, bagaimana kalo di tambahin 5000 lagi untuk biaya sms info ? ibu ane mikir gitu dengan tujuan nanti nya tidak ada tanggungan atau sesuatu yang memberatkan sekolah kalo nanti nya ada yang gak bayar biaya sms info...
laa dengan kejadian pro-kontra itu ibu ane cerita ke ane, pas itu ane lagi ngerjakan tugas mata kuliah... ane cuma bilang "kalo cuma aplikasi kayak gitu, aku bisa buat bu" ... spontan ibu ane langsung jawab "bener bisa ?" ... ane jawab lagi "iya, bisa... cuma layanan sms info doank kan ??"... ibu bilang iya... dan langsung ibu ane nyuruh ane buat aplikasi itu... ya... nurut aja deh apa kata ibu, dan nanti nya aplikasi sms itu akan disumbangkan secara cuma-cuma ke sekolah adek ane kata ibu... :D
Setelah deal sama ibu ane, ibu ane langsung ngubungi pihak sekolah dan ane langsung ditarget seminggu selesai untuk pembuatan layanan sms info nya... ini yang gak enak... -_- .... tau gak enak nya kenapa ?? ya ente pikir sendiri lah... hehehehee... tapi karena untuk mengejar profesionalitas ane terima dah dan akhir nya selesai sebelum seminggu... :D dan akhir nya di pakai lah software bikinan ane itu sampai sekarang... untuk pulsa nya ya ane suruh beli sendiri tu pihak sekolah... masak iya kita juga yang biayain setiap bulannya ?? hehehehe... dan Alhamdulillah karya ane yang satu ini dapat dimanfaatkan banyak orang, kata nya si banyak yang memuji karena sangat membantu untuk informasi2 dari sekolah, sampai2 sekarang untuk undangan rapat saja pake SMS resmi... wkwkwkwkwk.... 
Udah dulu ah cerita nya... :D sekarang kita bahas aplikasi nya... untuk aplikasi ini ane pake C# dan Ms. Access karena memang kebutuhan disekolah adek ane itu masi tidak membutuhkan Mysql untuk database nya... wong murid nya cuma 450an dan gurunya cuma 15an... hehehee... lagian cuma untuk menyimpan nomer HP kok... hehehehe... untuk fitur nya disini cuma bisa mengirim karena memang di khusus kan untuk sms info / sms sender... selain itu bisa menambah kelas, menambah data murid dan bisa mengirim personal / sms pribadi, bisa mengatur tujuan sms ke salah satu kelas... ya.. ente bisa lihat sendiri lah nanti kalo udah download aplikasi sms gateway(sender) nya ... untuk library nya ane pake library gsmcomm.. ente bisa download di situs nya atau mengambil dari project yang ane kasi nanti... bisa pake modem juga bisa pake hp yang support sms gateway... misal kalo ane pake SE K510i.... kalo modem yang bagus pake modem Wavecome, agak mahal si... tapi yaa awet, bondo sitik gak papa to ? masak gratisan terus ?? software nya udah ane kasi gratis, hehehee walaupun nanti ane minta share nya kalo ente download... itung2 sedekah lah sama ane.... :D .... 
Oke dah, kalo pengen tau screen shoot nya ente bisa lihat dibawah ini :


Download aplikasi sms gateway C#
Olah data Siswa 
contoh aplikasi sms gateway C#
FORM SMS SENDER
contoh aplikasi sms gateway  - sender C#
Form SMS Pribadi
aplikasi sms gateway gratis
Form SMS GURU
Tidak ane kasi semua si screen shoot menu nya soal nya kebanyakan, nanti mubadzir :D ... heheheee... ada salah satu fitur nya yaitu data import dari excel... tapi harus mengikuti procedure... ya bisa ente lihat sendiri lah.... trus untuk laporan pengiriman nya belum ane kasi si... kadang pas gagal masi aja bilang terkirim... wkwkwkwk ya kalo ada waktu ntar ane perbaikin dah... insya Alloh... memang masi jauh dari sempurna si program nya :D .... tapi setidak nya jalan aplikasi nya dan bisa dimanfaatkan oleh orang banyak.... untuk auto reply memang tidak saya kasi soalnya untuk auto response nya kalo library gsmcomm gak ada... -_- ... beda lagi nanti pake sms lib... yaa besok2 lah ane kasi contoh nya pake Java & C#, jadi judul nya sms gateway auto reply.... heheheheheheh... oke dah, cukup dulu uintuk postingan Contoh SMS Gateway dengan C# ini.. semoga bermanfaat :)

Download File (ane minta share - nya ya gan :D)

1 komentar: