Saturday 25 May 2013

Tutorial Codeigniter : Content Management System (CMS) dengan Codeigniter

download contoh CMS Codeigniter - bootstrap - Metro UI
Sudah mulai sepi ni kampung, hanya terdengar suara jangkrik, ranting2 yang tergoyangkan oleh angin, dan kipas laptop :D ... udara dingin pun mulai datang, untungnya tidak ada nyamuk di kamar ane... hehehehee... ibu nyuruh adek buat pake selimut, :) dan aku masi saja didepan laptop untuk menuntaskan target yang memang harus ane tempuh... "ibu aku berjuang untukmu, keluarga ini adalah tanggung jawabku" :) tak peduli hawa dingin dan selengket apapun mata saat ini, tak dapat membutakan ane pada tanggung jawab ke depan... semoga saja ane selalu disertai pertolongan untuk mendapat cita2 dan membahagiakan ibu juga keluarga ini :)
Hemmmb... seperti pada postingan sebelum nya ane bilang untuk minggu ini paling tidak ane harus nulis 2 postingan diblog ini sebelum weekend berakhir, ya ga papalah... sekalian belajar profesional :D , kalo sebelumnya ane membahas tentang tutorial / contoh aplikasi codeigniter tepat nya membahas membuat aplikasi blog / weblog / website sederhana dengan codeigniter versi 2.1.3, postingan kali ini adalah lanjutannya yang membahas pembuatan content management system (CMS) nya menggunakan Codeigniter, dan untuk fiturnya tentunya di sesuain dengan kebutuhan  aplikasi blog nya to ?? hehehehee kalo untuk tema / template nya ane pake Admin - Aries yang ane ambil sample nya dari theme forest...
Tapi untuk file template nya ane pake yang bajakan :D heheheheee.. tapi ya gak bedalah... wong template nya juga colongan... hehehehe... kalo mau lihat live preview template nya bisa ente lihat disini... template nya make bootstrap, jadi kombinasi antara Codeigniter dan bootstrap selain itu untuk template nya pake konsep metro UI yaitu tampilan windows 8... yang saat ini juga lagi populer.... kao gak pake bootstrap rasa nya sulit kalo mau buat tema metro UI ini... hehehehee... tinggal download saja kemudian di gabungkan dengan Codeigniter, waaah jadi keren dan ganteng tampilannya kayak ane.... wkwkwkwkwkwk
untuk text editor nya ane masi setia dengan CKeditor dan KCfinder biar gampang gan dan gak buat sendiri.. kalo buat sendiri ya lama... :D beberapa fitur dalam Contoh Content Management System (CMS) Codeigniter yang ane upload, diantaranya : 

  • Dashboard
  • Content Editor, List published content, list draft content
  • Setting User
  • Setting Label
  • Statistik
  • dan pengaturan dasar blog seperti judul blog, deskripsi blog, limit content dll...

Ya kurang lebih segitu dah... heheheheee sebenarnya untuk aplikasi nya ane barengin sama aplikasi blog codeigniter, jadi memang sudah ane anggap satu paket.... cuma disini memang ane pengen nambah postingan agar lebih mudah lagi untuk di kenali dengan google, karena orang mengetik kata kunci kan sesuai kebutuhan,, :) ada yang ngetik "contoh aplikasi web codeigniter" ada juga yang ngetik "contoh content management system codeigniter"... ini adalah 2 keyword yang berbeda, kalo ane jadikan dalam satu postingan waaah agak repot seperti nya... :D .. mangkanya di akali pake 2 postingan... :D ...  seperti biasa, sebenarnya ane upload contoh - contoh aplikasi codeigniter ini buat temen2 ane yang pemula atau baru belajar, atau mungkin buat temen2 yang lagi males ngerjain tugas Advance web programming, ni ane kasi contoh aplikasi web dengan framework Codeigniter.. dan  tinggal ngoprek sesuai keinginan saja...open sources kok... wkwkwkwkwkwk
diantara temen2 juga ada yang pengen private belajar framework Codeigniter, tapi seperti nya itu berat sekali buat ane kalo sifat nya tidak ada donasi alias gratisan :(  ... mending ane tinggal belajar yang lain... hehehehee.. ya secara ane kan butuh biaya hidup to ?? kalo harus private ya... wkwkwkwkwk.... gak cuma Codeigniter yang mau mau diajarin, ada juga yang mau belajar C# dan Java, PHP dll .. -_- alternatif untuk ngajarin mereka untuk saat ini adalah blog tapi ane punya pikiran lain untuk membantu temen2 yang request tapi gak harus private si.. yaitu Insya Alloh ane mau bikin video - video tutorial pemrograman dan ane post di blog ini, kata nya si kalo video lebih mudah dipahami... ya.. Next time lah Insya Alloh nanti ane buat kalo pas ada waktu kosong... hehehehee...
Oke dah, untuk screen shoot dari Contoh aplikasi Content Management System Codeigniter nya bisa ente liat dibawah ini gan :

contoh content management system codeigniter
Dashboard Login

contoh CMS Codeigniter free
Dashboard admin

contoh CMS Codeigniter - bootstrap - metro UI themes
List Post
download contoh aplikasi codeigniter
Label Setting
contoh website codeigniter - bootstrap
Setting Blog
contoh aplikasi blog codeigniter
Setting User profile
Keren bukan  tampilannya, Codeigniter dengan Bootstarp dengan tema Metro UI ... hehehehee... padahal itu template nya download gratisan... wkwkwkwkwk... kalo system nya ane yang buat... :D .... bisa ente download gratis gan di github... kalo ente punya akun Github monggo diikuti akun ane disini... Oia untuk mengakses secara cepat halaman adminnya, di browser nya ente akses pake "http://localhost/ci-blog/admin" karena di halaman depan / halaman blog nya gak ane kasi Link masuk ke Dashboard admin / Content Management System nya ... hehehehee... Oke dah sekian dulu untuk postingan Contoh Content Management System dengan Codeigniter kali ini, jaga lupa di like ya ?? :D semoga Bermanfaat ... :)

Download File (ane minta share - nya ya gan :D)

UPDATE : Biar gak terjadi Error lebih baik aktifkan dulu .htaccess apachenya :)


11 comments:

  1. username ma passwordnya apa gan?

    ReplyDelete
  2. Wiiih. Om Wiwin CI-er maniak juga spt ane nih. HD

    ReplyDelete
  3. Om saya dah berhasil masuk ke admin dan posting baru. dan berhasil.
    tapi ketika web page nya di klik pada judul post atau read more koq linknya kembali ke xampp? mohon penjelasannya
    suwun

    ReplyDelete
  4. user sama passwordnya apa gan

    ReplyDelete
  5. passwd and userna apa gan ?

    ReplyDelete
  6. gak bisa di download gan linknya

    ReplyDelete
  7. mantab webnya mas,udh aq dicoba n berhasil,keren tampilannya,tpi lambat loading tampilannya tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. tema nya memang berat bro...

      Delete
    2. template nya maksud nya... hehehee... ya coba ente carikan template yang simple aja tampilannya biar gk lambat

      Delete
  8. terima kasih sudah berbagi.ane mau nanya.
    kenapa ketika read more muncul page not found ?

    ReplyDelete