Thursday 30 May 2013

Function (M-file) Transformasi Log Citra - Matlab

sepertinya minggu ini sama seperti minggu-minggu saat ane ngepost tentang design pattern yang berjumlah 24 itu... pasalnya seminggu ini sudah lebih dari 3 postingan yang ane tulis di blog ini :D ... ane juga gak tau apakah ini mengejar target atau ane lagi ketagihan nulis diblog ya ?? hehehee,, sepertinya dua-dua nya memang ane rasain si... mengejar target, iya... lagi ketagihan juga iya :D ... baru sadar kalo ane lagi ketagihan update blog... dulu si ane bingung sama para blogger yang bisa update seminggu sampai 10 postingan... Wow gitu looo... seminggu sampai nulis sebanyak itu, apa gak bosen ?? dan ternyata setelah ane sering kali update blog ini, sekarang efek ketagihan / kecanduan itu terjadi sama ane... :D ... ya semoga ketagihan ini membawa manfaat, tidak hanya bagi sendiri tapi mungkin bisa lebih bermanfaat bagi orang lain... :)
masi tentang matlab ya gan ?? hehehee... kali ini giliran transformasi log citra / image yang ane bahas... transformasi log ini adalah salah satu methode enhancement / perbaikan citra yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kekontrasan sebuah citra... menurut ane si ya ? hehee transformasi log ini kurang efisien jika digunakan untuk memperbaiki kualitas citra ... kenapa ? karena pengoperasiannya menggunakan rumus secara merata... jadi semua bagian citra / nilai citra dilakukan menggunkan rumus yang sama, dan hasilnya akan ditingkatkan sama rata nilainya... berbeda dengan contrast stretching yang mengoprasikan citra dengan beberapa kondisi.. menurut ane si untuk contrast stretching lebih efisien dari pada trasformasi log ini :D ... oke dah sekarang kita langsung implementasinya dengan matlab ya ? sekalian ane kasi dengan rumusnya...
rumus transformasi logaritmik citra

function hasil = TransformLog(citra, cons)
[m,n] = size(citra);
for k = 1:m
    for l = 1:n
        hasil(k,l) = cons*log(1+im2double(citra(k,l)));
    end
end
figure,subplot(1,2,1);imshow(citra);title('citra asli');
subplot(1,2,2);imshow(hasil);title('hasil Citra');
end
function m file logaritmik citra matlab

oke, sekian dulu untuk postingan Transformasi log citra (image) dengan matlab ini... semoga bemanfaat :)

1 comment:

  1. Appreciate this post. Will try it out.

    my weblog :: seo software

    ReplyDelete