Monday 13 May 2013

Program Codehill dan Vigenere kriptografi (generate chipertext soal UTS)

Yupz.. Malam ini sengaja nangkring di kampus.. bukan karena lagi ada jadwal praktikum buat matakuliah yang ane asdosin :D .. tapi sengaja pengen nongkrong saja, mungkin ada rejeki liatin cewek2 cantik yang masuk malam... ya... soalnya ke banyakan memang cantik2 si kalo yang kelas malam... sayang, biayanya mahal jadi ane males mau ikut masuk malam, kira2 lebih mahal 500rban lah... kalo cuma untuk ngliatin cewek2 cantik di malam hari ya gak perlu lah bayar 500rb lebih mahal ke kampus.. mending nangkring aja dah... kali ini ane mau posting tentang kriptografi... jarang2 ane posting ginian si... karena memang males mau posting soal2 yang seperti ini karena sudah banyak referensi yang sudah ada... tapi berhubung kali ini beda keadaan ya.. gapapalah posting sedikit2 tentang kriptografi... hehehehee...
Sebenarnya tujuan ane nulis postingan ini untuk menambah trafik blog ini, secara sekarang ini waktu nya UTS di kampus ane, dan untuk matakuliah kriptografi membuat chipertext dari codehill kemudian di proses lagi dengan vigenere... sebenarnya tidak terlalu sulit si... tapi plaintext nya sangat panjang dan tiap mahasiswa berbeda, disesuaikan dengan nama dan nomer induk nya... -_- dari sesuatu yang sulit ini menurut ane perlu diadakan solusi dengan cara membuat aplikasi / program yang bisa membuat chipertext dari enkripsi yang ane sebutin tadi dan langsung bisa di copy ke Ms. Word untuk dijadikan laporan... ane pikir kalo ane upload tentang program ini mungkin saja temen2 mau mengunjungi blog ini dan itu berarti juga menambah page view di blog ini juga akan membuat blog ini jadi tambah dikenal... hehehehee... :D memang harus nya bisa melihat kondisi dan membaca peluang...
untuk soal kriptografi yang dikasi dosen ane seperti berikut...

Plaintext  : Saya (nama lengkap mahasiswa) mahasiswa stikom pgri banyuwangi
Matrik : 5X5

code hill kriptografi enkripsi

untuk baris yang ke 5 sengaja disitu ane tulis "X" karena itu diisi sesuai dengan 5 nomer induk terakhir setiap mahasiswa... kemudian jika proses enkripsi codehill selesai dan menghasilkan chipertext, diproses lagi dengan Vigenere dengan kunci "STIKOM"... hemmmbb... bukannya ini memakan waktu ya untuk mengerjakannya ?? sudah plaintext nya panjang, dimensi matrik nya juga banyak masi di proses lagi dengan vigenere -_- ... NIAT MATENI ...  mangkanya dari itu pada ane buat program nya biar gampang mroses nya dan tidak membuang waktu, karena memang masi banyak tugas yang sudah menunggu untuk di ekseskusi... :D
Begini screenshoot program nya

code hill vigenere encripstion 1

code hill vigenere encripstion 2

code hill vigenere encripstion 3

simple bukan ??
Tinggal mengisi inputnya trus di Generate untuk diproses, kalo udah keluar hasil akhir nya, di Copy deh... bisa pake button Copy atau di blog(select all) kemudian di CTRL+C, kemudia untuk paste nya seperti biasa CTRL+V ... :D gampang to ??


PERHATIAN !!

tapi ada satu hal yang harus ente perhatikan sebelum menggunakan program ini, yaitu penggunaan input matrik nya.. misal kalo pake no induk ane matrik nya jadi seperti ini


Code hill enkripsi kriptografi

maka penulisan di Textboxnya seperti ini :

1,2,3,4,5;   5,4,3,2,1;   6,7,8,9,0;   0,9,8,7,6;   0,0,6,0,1;

jadi untuk setiap baris harus di akhiri dengan ";" (titik koma) dan tiap kolom di akhiri dengan "," (koma)
yaaaah... akhirnya selesai juga postingan ini, walaupun sedikit nulis asal2an ... wkwkwkkwwkk... semoga bermanfaat buat kita semua...

Download File (ane minta share - nya ya gan :D)

3 comments:

  1. mantab mass...
    kapan2 lau ada tugas buattin lagi ya soft nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk
      oke... UAS besok tak buatkan lagi Insya Alloh, biar gak repot2 ngitung2..
      hehehehe

      Delete
  2. mantap gan,, lumayan buat nambah ilmu, wkwkwk :D

    ReplyDelete