Tuesday 7 May 2013

Tutorial Codeigniter : Contoh aplikasi CRUD Codeigniter

belajar contoh aplikasi crud codeigniter
Alhamdulillah pagi ini ane masi sempet nulis di blog ini, kali ini masi tentang PHP, lebih detailnya tentang CRUD Codeigniter (CI), mungkin tulisan semacam ini sudah banyak ditemui diblog lain, tapi ane juga pengen ngeshare Contoh CRUD Codeigniter (CI) :D, mungkin bermanfaat bagi yang lain sekalian menambah postingan blog ini, semakin banyak postingannya semakin banyak juga page view nya ... hehehehehe... Kemaren2 sempat ane bahas di blog ini tentang menginstal Codeigniter dan Konfigurasi awal nya, dan memang sekarang waktunya ane kasi contoh manipulasi, operasi database seputar CRUD (Create - Read - Update - Delete) pada database Mysql. seperti biasa sebenarnya ane nulis ini untuk temen2 ane yang baru ngambil matakuliah Advance Web Programming 1 yang membahas tentang Framework PHP, tanpa belajar atau mengetahui bagaimana melakukan CRUD pada Codeigniter (PHP - Mysql), mungkin untuk membuat aplikasi yang lebih kompleks mungkin agak kesulitan,, hehehehee
Pada matakuliah Advance Web Programming 1 sebenarnya tidak diharuskan memakai Framework Codeigniter (CI), boleh pake Framework Cake PHP,Framework YII,Framework Panada,Framework Obullo dll, (Pokok nya framework) :D bole juga pake framework buatan sendiri yang penting harus berkonsep Model View Controller (MVC) .. hehehehehe intinya semua nya sama kok... ane kasi Contoh nya Codeiniter karena memang yang paling populer saat ini adalah Codeigniter (CI)
Sebelum ente baca postingan yang ini, ada baiknya ente baca dulu postingan sebelumnya membahas tentang konfigurasi awal Codeigniter disini (bagi yang belum baca), Kalo pada postingan kemarin ane kasi contoh konfigurasinya tidak sampai konfigurasi database, kali ini ane coba kasi contoh konfigurasi database sampai pembuatan model di Codeigniter
$active_group = 'default';
$active_record = TRUE;

$db['default']['hostname'] = 'localhost';
$db['default']['username'] = 'root';
$db['default']['password'] = '';
$db['default']['database'] = 'bukutamu';
$db['default']['dbdriver'] = 'mysql';
$db['default']['dbprefix'] = '';
$db['default']['pconnect'] = TRUE;
$db['default']['db_debug'] = TRUE;
$db['default']['cache_on'] = FALSE;
$db['default']['cachedir'] = '';
$db['default']['char_set'] = 'utf8';
$db['default']['dbcollat'] = 'utf8_general_ci';
$db['default']['swap_pre'] = '';
$db['default']['autoinit'] = TRUE;
$db['default']['stricton'] = FALSE;

Kode diatas ada pada file database.php, yang directory nya ada di "application >> config" , pada file ini ente bisa lakukan konfigurasi database, sesuaikan dengan host / server yang ente pake, username dan password nya... jangan lupa juga setting nama database nya juga yang akan ente pake. :) ... setelah dari konfigurasi database pada file database.php ini, sekarang kita buat file model nya di directory "application >> models", masi ingetkan apa fungsinya model ?? :D yaitu class untuk menampung Query2 database,
<?php if ( ! defined('BASEPATH')) exit('No direct script access allowed');

class My_model extends CI_Model {

 public function GetData($where = '')
 {
  return $this->db->query("select * from guestbook $where;");
 }
}
?>  
Ada beberapa Aturan yang perlu diperhatikan dalam membuat model Codeigniter, kalo ente perhatikan pada kode diatas nama class model nya adalah "My_model" untuk menyimpan class ini maka nama file nya harus sama dengan nama class nya dan menggunakan huruf kecil semua, jadi kalo untuk model yang ane buat diatas nama file nya adalah "my_model.php" , itu sudah aturan yang ditetapkan oleh para pengembang Codeigniter, jadi untuk nama class nya pada huruf pertama harus menggunakan huruf besar sedangkan untuk nama file nya harus sama dengan nama class tetapi harus menggunakan huruf kecil semua, :D
setelah pembuatan model, sekarang kita beralih pada konfigurasi auto_load pada directory "application >> config" buka file auto_load.php, ada sedikit penambahan konfigurasi auto_load, kalo pada postingan kemarin untuk file auto_load.php ane cuma kasi konfigurasi libraries dan helper saja, kalo ini ada satu tambahan yaitu auto_load model ... selengkapnya seperti ini
$autoload['libraries'] = array('database');
$autoload['helper'] = array('url');
$autoload['model'] = array('my_model');  
kalo ente lihat pada kode diatas, untuk auto_load['model'] pada array nya ane tulis my_model karena sesuai dengan file model yang kita buat diatas tadi, jadi disesuaikan...  :) untuk konfigurasi auto_load yang lain sementara biarkan saja dulu, jangan diotak atik jangan dihapus :D .. kapan2 kita akan bahas, kalo untuk melakukan CRUD atau manipulasi database pada codeigniter(CI) konfigurasi seperti yang ane jelasin diatas sudah cukup... hehehehee..
Setelah melakukan konfigurasi diatas, sekarang ente bisa melakukan CRUD dengan Codeigniter pada Mysql... hehehee.. sebenar nya gak sulit2 amat si... banyak temen2 ane yang bilang pake framework itu susah... kalo gak dicoba dan cuma dibayangkan itu akan membuat terasa sulit terus, padahal framework itu diciptakan untuk mempermudah... dari pada menggunakan PHP murni mending pake framework menurut ane si :D ... Untuk Contoh CRUD Codeigniter nya ente bisa download gratis nanti dibawah, tapi ane minta share nya dulu ya gan ?? sebelum download ente bakal diminta share.. hehhehe... ya itung2 sedekah lah gan sama ane... biar ane tambah terkenal gitu... :D sekian dulu untuk postingan ini, semoga bermanfaat buat kita semua.. amiiiin :)

Download File (ane minta share - nya ya gan :D)

No comments:

Post a Comment